Senin, 16 Februari 2009

PRINSIP HIDUP?? PERLU GAK SIH??


Apa sih prinsip? Prinsip menurut R. Ristriana Rachmawati Calon SKM alias Juki alias gue sendiri (alah! Cape dee!) adalah suatu pendirian yang kukuh, kuat dan mempunyai tujuan hidup kedepan, sesuai dengan keinginan dan kepribadian dirinya sendiri.

Gw sendiri mengenal prinsip, jujur aja pas gw SMA. Sebelumnya bisa dibilang k’lo gw gak punya prinsip hidup. Trus, klo gak punya prinsip hidup emangnya kenapa ? Nih ya gue kasih contoh dulu deh, gue sebelum mengenal dan punya prinsip. Jujur, gw selalu takut masuk kedalam komunitas baru, misalnya sekolah baru, kelas baru, tempat les baru, wc baru (lho, gak ya ?!), dll. Karena, gw udah minder duluan and susah banget beradaptasi apalagi kalo gak ada satu pun teman yang gw kenal. Selain itu, gw suka ketergantungan ama temen, kalo temen masuk sini, gue ikutan, kalo dya keluar, gw juga ikutan, pokoknya kayak gak punya pendirian gitu deh. Trus gw juga pernah merasa canggung, gak PD, pokoknya merasa beda ama yang lain deh.

Liat kan? Gw dimasa bahela. Sekarang mari kita lihat gw setelah mengenal prinsip dan mempunyai prinsip. Karena tekanan zaman yang meminta gw untuk nyolong start duluan, maka gw di lesin ama nyokap. Dari situ awalnya gw jadi berani masuk kedalam komunitas baru. Pertama kalinya gw ikut les tuh kelas 6 SD. Trus, masuk-masuk les lainnya, sampe rasa PD gw untuk bertemu kawan baru muncul. Rasa minder gw pun berkurang sampai gw masuk SMA. Selain itu, prinsip yang mulai gw kenal adalah pada saat dimana gw dilanda masalah hidup. Dari mulai ditinggal bokap, jadi bodyguard nyokap gw dirumah (Cuma b’2 doank) sampe masalah temen2 di sekolah. Satu persatu masalah dapat terselesaikan dengan baik, dari situ mulailah terbentuk kepribadian gw yang sebenarnya, dan dari situ juga gw belajar dan mengenal prinsip yang gw emban dalam menjalani hidup gw ini.

Apa sih prinsip gw ? Gw punya prinsip banyak tergantung jenisnya. Tapi secara general gw yakin kalo manusia dikasih kesempatan sekali, hidup sekali, menikah sekali, mati sekali, jadi jangan lewatkan kesempatan itu or you’ll lose it. Gw yakin akan itu. Trus contohnya apa? Misalnya, gw cuma dikasih kesempatan buat masuk SD 02 sekali, masuk SMP 115 sekali, masuk SMA 68 sekali, dan masuk FKM UI juga sekali. So, gw sangat berusaha keras buat masa depan gw. Dengan begitu gw gak lagi tergantung ama temen2 gw. Iyalah, ini masa depan gw gitu, toh untung ruginya gw yang ngerasain or imbasnya buat gw juga. Jadi kaya lebih ke kebebasan n ekspresi diri aja. Kalo gw mau sesuatu, get it or lo bakalan nyesel seumur hidup!!

Gimana udah kebayang blom? As you know, prinsip orang tuh bisa beda2, ya balik lagi sama pengertian menurut R. Rist(alah!) gw, kalo prinsip itu didasarkan oleh kepribadian, keinginan, n tujuan hidupnya. Atau jangan2 pada blom punya tujuan idup lagi?? Alah! Kelaut aja, gini ari blom punya tujuan hidup, jadi sampah aja sana…(uh, jahat banget). Man, kesian donk nyokap lo lahirin lo, kalo toh lo gak punya visi n misi buat senggak2nya ngebahagiain nyokap lo, pliss man, jangan!

Pendapat gw? Menurut gw, prinsip idup tuh penting banget, apalagi buat kita2 yang mau meraih tujuan hidup kita. Trus menurut gw juga, prinsip itu suatu hal yang hakiki sifatnya, jadi gak ada yang bisa merubah prinsip hidup lo selain lo sendiri, tapi kalo lo suka rubah2 prinsip idup lo, itu mah namanya plin plan. Jadinya bisa dikatakan kalo prinsip lo tuh gak punya prinsip, kelaut aja gideh sono..wakakak..

So, selamat bikin prinsip idup, sebelum lo dapet prinsip mati (apaan seeh, gak jelas deh..!). Trus juga, inga2 pesan R. Rist(alah!) gw, yahh…

2 komentar:

  1. Aku blm punya prinsip idup kaka ristri(alah)
    Ajarkan saya , beri pencerahan saya..

    BalasHapus