Sabtu, 14 Februari 2009

All about kentut..........jangan cuma bisa ngeluarinnya doank..


Apa sih Kentut?

Kentut menurut Wikipedia.com adalah perpindahan gas dari dalam tubuh, terutama dari usus lalu keluar melalui anus atau dubur.


Darimana asal kentut?

Kentut berasal gas yang ada di usus kita. Baik gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia maupun gas dari bakteri yang ada di dalam perut.


Apa yang terkandung dalam kentut? Kok baunya busuk?

Macam-macam tergantung dari banyaknya udara yang kita hirup dan jenis makanan yang kita makan. Jika kita banyak menghirup udara, maka makin banyak pula kadar nitrogen dalam kentut. Karena oksigen yang yang kita hirup akan terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus, selain itu dengan adanya bekteri dalam tubuh kita, juga melakukan reaksi kimia yang menghasilkan karbondioksida, metana dan hidrogen. Zat-zat inilah yang juga menjadikan kentut bersifat asam. Bau dalam kentut juga dipengaruhi apa yang kita makan. Semakin banyak kandungan sulfur dalam makanan kita, maka makin banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut. Alhasil, makin busuklah bau kentutmu..(wekekek..)


Makanan jenis apa yang mempengaruhi kentut?

Untuk memproduksi bau busuk kentut, telur dan daging bisa diandalkan. Sedangkan untuk memproduksi volume kentut, kacang-kacangan siap membantu. Karena kacang-kacangan mengandung zat gula yg tidak bisa dicerna tubuh yaitu raffinose, stachiose dan verbascose yang jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora & membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya lho!).


Kenapa kentut ada yang bunyi dan ada yang nggak?

Karena tergantung dari vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi kentut dipengaruhi oleh kecepatan gas. Dan kentut yang busuk adalah kentut yang hangat dan tidak bersuara. Karena fermentasi bakteri & proses pencernaan memproduksi panas, dan hasil sampingnya adalah gas busuk. Walaupun ukuran gelembung gas lebih kecil dan hangat tapi mematikan lho..


Berapa banyak kentut diproduksi dalam sehari?

Menurut penelitian, rata-rata setengah liter/hari dalam 14 kali kentut.


Apa warna kentut?

Alhamdulillah tidak berwarna. Kalau berwarna, bisa ketahuan siapa yang kentut donk..


Bedanya kentut dan sendawa?

Klo kentut keluarnya dari dubur yang disebakan gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah dan menjadikan ruang bertekanan, sehingga gas yang ada di usus terpaksa bergerak yang bertekanan rendah. Sedangkan sendawa muncul dari perut dan keluar dari mulut. Komposisi kimianya juga beda dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan kentut agar bisa tercium oleh orang lain?

Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan & arah angin,berat molekul gas kentut, jarak antara ‘transmitter’ dengan ‘receiver’. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar & konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara & hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau kamu kentut di ruang sempit, seperti lift atau mobil, bisa-bisa kamu ketauan deh..


Apakah setiap orang pasti kentut?

So pasti lah, kalau masih hidup. Tapi orang yang baru aja meninggal juga masih bisa kentut kok..


Laki-laki lebih sering kentut daripada perempuan. Benarkah?

Sampai saat ini belum ada kaitannya antara kentut dengan gender. Tapi bisa aja sih, kalau perempuan banyak yang nahan kentutnya, dan sekalinya keluar jumlahnya banyak.. hehehe..


Kapan biasanya orang banyak kentut?

Pas lagi masuk angin, abis makan atau pagi hari di toilet.


Selain makanan, adakah penyebab kentut yang lain?

Ada. Udara yang dihirup, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, kebanyakan minum softdrink dan saat naik pesawat udara.


Kemana gas akan pergi kalau kentut ditahan?

Yang pasti tidak diabsorbsi darah dan juga hilang karena bocor, melainkan pindah ke bagian atas menuju usus dan kalau sudah waktunya juga akan keluar lagi..


Mungkin gak sih kentut terbakar?

Bisa aja, kentut kan mengandung metana dan hidrogen yang combustible (sama seperti kandungan gas alam). Jadi kalau terbakar, akan berwarna biru (warna unsur hidrogen).


Berarti kentut bisa dinyalakan dengan korek api donk?

Ya nggak lah..mengada-ngada aja.. konsistensinya lain, Suhunya juga tidak cukup panas untuk memulai pembakaran. Jadi, jangan sekali-kali dilakukan, apalagi pas kemping atau mati lampu..


Benarkah kentut anjing dan kucing lebih busuk?

Karena penulis belum pernah mencium kentut mereka, jadi pertanyaan ini belum bisa dijawab.


Bisakah orang yang mencium kentut lebih dari 2 kali berturut-turut akan merasa pusing?

Bisa saja, karena kentut mengandung sedikit oksigen. Apalagi kalau kentutnya super duper amat bau busuk, bisa-bisa pingsan kali…


Kalau ada seseorang yang kentut di planet Venus, apa yang akan terjadi?

Gak akan terjadi apa-apa, karena di planet Venus sendiri banyak mengandung sulfur (belerang), jadi mau kentut sebanyak dan sebau apapun gak ngaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar