Sabtu, 14 Februari 2009

Biar Gak Telat Itu...Mahal kah?

Gw nih tipe orang yang suka berspekulasi dalam hal ketepatan waktu. Karena gw suka ngepas-pasin jam. Tapi, akhir-akhir ini gw sering banget telat. Setiap kuliah pasti gw datengnya 15-30 menit sesudah masuk. Gara-gara keretanya datengnya telat, gw jadi ikutan telat deh. Sebenernya gak semuanya salah kereta sih. Gw dateng ke stasiun tebet kan juga pake metromini 52, dan itu hoki-hokian, jadi kalo tiba-tiba ada, ya gw naik. Udah gitu jalanannya macet, karena emang jam segitu lagi hot-hotnya orang-orang pada berangkat kerja dan pada nganterin anak sekolah. Tapi ujung-ujungnya, ya salah gw juga sih. Padahal gw udah ngepas-ngepasin waktu, eh tetep aje telat juga. Kayaknya perhitungan gw musti diubah, karena jaman juga udah berubah (alah!). Walaupun BBM naik, tetep aje banyak mobil-mobil mewah berkeliaran dijalan (So what gitu?).

Pernah pas mau ujian jepang, dan gw udah tau gw pasti telat, akhirnya gw mutusin naik exspress. Gw gak bayar didalem coy, abis gw takut ntar gw ditangkep polisi, kan malu-maluin UI aje. Jadi gw beli tiketnye tuh, harganya 6 ribu perak. Bujuk, masih pagi-pagi gw udah bokek nih! Gak pape, dari pade gw kagak lulus ujian gara-gara ditangkep polisi, jadi gw bela-belain tuh beli tiket exspress. Udah jam setengah sembilanan tuh express gak lewat-lewat, trus gw tungguin aje. Dasar emang gw lagi gak hoki, dan emang dasar stasiun tebetnya juga rada-rada, kagak pake halo-halo lagi kalo ada kereta mw dateng, eh pas ada yang dateng ternyata kereta ekonomi biasa. Ya su rugilah gw! Mau gak mau gw dadahin tuh kereta, yalah, gw dah terlanjur beli tiket express gitu, masa gw naik trus bayar didalem, kan eke jadi malu n rugi boo. Dan akhirnya, tuh express dateng jam 9 kurang lima belas menit. Kalo gitu mah sama aja telat-telat juga. Tau gitu gw beli tiket ekonomi aje deh. Emang, biar gak telat itu mahal.

Another story,

Gw kan pake behel, jadi musti ke dokter gigi setiap 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali buat kontrol gigi gw. Dokter gigi gw yang pertama tuh sering telat datengnya walaupun udah janjian. Biasanya kan gw janjian jam 8 pagi, eh dia datengnya jam setengah 9, padahal gw dateng tepat waktu loh. Jadi, kalau janjian berikutnya, ya gw juga datengnya ditel-telatin, gantian donk gw juga bisa telat. Nah, sekarang gw dah ganti dokter, tapi kebiasaan gw dulu masih kebawa. Gw penah janjian ama tuh dokter jam 8, gw pikir dia bakalan dateng telat juga sama kayak dokter gw yang pertama atau senggak-gaknya ngasih toleransi telat lah ke pasiennya, akhirnya gw nyantai aja, berhubung macet juga jadi gw datengnya jam 9 kurang 15 menit gitu. Parah! Ternyata pikiran gw salah. Tuh dokter tepat waktu boo. Gw diomelin pas dateng. Ya lah jelas, telatnya parah. Gw diem aja, sekaligus mikirin alasan apa yang tepat buat meringankan beban gw. Dokter gw yang sekarang itu orangnya disiplin. Jadi, tau kayak gitu gw gak mau dateng telat lagi, ntar kalo gigi gw dicabutin semua, gw jadi ompong dong. Ogah ah! Kemudian harinya, gw janjian lagi kontrol jam 8. Gw gak mau mengecewakan dokter gw yang kedua kalinya, tapi karena spekulasi gw salah (macet gitu), jadi gw mutusin untuk naik ojek. Biarin deh, demi image gw yang bae ke tuh dokter. Gw korbanin 5 ribu perak gw demi menepati janji gw ama tuh dokter. Dan alhasil tuh dokter telat 20 menit. Sebel juga, gw dah niat dateng tepat waktu, eh dia malah telat. Tau gitu gw naik 01 aja deh, cuma ngeluarin duit 2 ribu perak doank. Lagi-lagi, biar gak telat itu mahal.

Sebenarnya masih banyak pengalaman-pengalaman gw lainnya (emang dasar tukang telat), tapi dari 2 pengalaman diatas, didapat kesimpulan kalau lebih baik datang lebih awal dari pada musti was-was dijalan karena kita telat. Trus disamping itu, kita juga bisa menghemat uang. Kepercayaan kita pun terjaga. Jadi, janji itu musti ditepati dan kalau mau sukses ya, disiplin (Sotoy banget!). OK! Itu aja pesan moral dari gw. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi….Gw.

1 komentar:

  1. Buat yang baca tips naek KRL, mending diikutin deh, daripada ntar nyesel kaya gw :-D..

    BalasHapus