Senin, 16 Februari 2009

Mengapa Aku Tak Seperti Dirinya?


When you try the best but you don’t succeed

When you get what you want but not what you need

When you feel so tired but you can’t sleep

Stuck in reverse

(Coldplay – Fix you)


Sebagai manusia yang diciptakan Tuhan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sepatutnya kita harus bersyukur akan rahmatNya itu. Walaupun kadang kita merasa tidak sempurna baik fisik maupun intelektual, kita tidak perlu minder. Lalu bagaimana meyakinkan diri kita agar tetap percaya diri dan ingin lebih baik? Dengan 3M ala Juki, kamu dapat lihat bahwa kamu tuh bisa jadi lebih baik.

1. Mengenali (Knowing)

Sebagai yang empunya tubuh, kita harus mengenali apa kelebihan dan kekurangan kita. Misalnya apa yang selama ini telah kita capai, sifat buruk dan baik kita, bagaimana cara belajar kita, dan lain-lain. Dengan cara seperti itu dengan mudah kita dapat memperbaiki diri karena kita sudah mengetahui betul kelebihan dan kekurangan dalam diri kita.

2. Memahami (Understanding)

Kalau kita sudah mengenali diri kita sendiri, pasti kita akan memahami tabiat kita sendiri. Seperti kalau kita sedang dalam keadaan terpuruk, kita tahu apa yang sebaiknya dilakukan dan yang tidak. Dengan memahami kelemahan dan kelebihan yang kita miliki, otomatis kita dapat memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik atau setidak-tidaknya kita tidak akan mengulang kesalahan yang kita perbuat. Selain itu, kita juga dapat menghandle diri kita yang sedang terpuruk dengan mendengarkan musik, curhat, atau apapun yang dapat membuat kita nyaman.

3. Merubah (Changing)

Saatnya kita berubah untuk menjadi lebih baik setelah kita mengenal dan memahami diri kita sendiri. Dengan motivasi yang kuat kalau kita ingin berubah, insya Allah kita diberikan jalan untuk memperbaiki diri. Tidak lupa minta saran dan doa dari orang tua, teman dekat atau siapapun yang dapat membantu kita. Seperti dimulai dengan hal-hal kecil, misalnya yang tadinya suka telat jadi tidak telat lagi (ups! gw banget..), yang suka belajar sks jadi mulai dicicil (Ups ! gw lagi nih..), dll. Setiap perubahan pasti membutuhkan waktu lama karena itu memerlukan proses yang bertahap. Jadi, kita harus disiplin dan mempunyai pendirian serta keyakinan yang kuat kalau kita mampu untuk berubah jadi lebih baik.

Kata penulis:

Ngapain jadi orang lain kalau kita akan lebih berarti jika jadi diri sendiri? Asal kita yakin dan percaya akan kemampuan kita, pasti bisa deh merubah diri jadi lebih baik.

Tears stream down on your face
I promise you I will learn from the mistakes
Tears stream down your face

And I..

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

1 komentar: